1. Definisi E-Commerce
a. Penjualan menggunakan website
b. Pesanan dapat dilakukan secara langsung dan otomatis mendapatkan tagihan.
c. Akun pelanggan di Otomasi dengan aman (baik data kartu kredit maupun debit).
d. Penjual berpartisipasi secara langsung untuk menyediakan barang di pasar online kepada konsumen.
e. Penjualan dan Pembelian secara Business to Business.
f. Data dikumpulkan dan digunakan untuk kontak, baik melalui web maupun media sosial.
g. Dapat melakukan pertukaran data elektronik (Business to Business).
h. Penggunaan e-mail dan newsletter untuk informasi promosi kepada konsumen.
i. Dalam memunculkan produk baru dan layanan baru produsen terlibat dalam pre-retailnya.
j. Teknis pembayaran dilakukan secara langsung dengan bekerja sama dengan bank penyedia layanan transaksi elektronik.
k. Tracking/Pelacakan pembelian barang atau jasa yang dilakukan pelanggan.
2.
Model Bisnis yang Berkaitan
dengan E-Commerce
a.
Online Shop
Online shop merupakan situs jual beli
online. Pada situs tersebut pembeli
dapat membeli barang keperluannya secara online tanpa harus bertemu langsung
dengan penjual.
b.
Content Provider (Penyedia
Konten)
Content Provider dapat juga disebut
sebagai pedagang informasi yang
menawarkan konten secara digital seperti informasi, musik, dokumen, berita.
c.
Online Marketplace / Electronic Mall
Sebuah pasar online adalah sebuah situs web, di mana pemasok dan calon pelanggan dapat datang bersama-sama seperti di pasar nyata di sebuah kota kecil. Sebuah E-Mall adalah seperangkat toko online, yang dapat ditemukan di satu situs web.
3.
Jenis Bisnis E-Commerce
-Consumer to Consumer (C2C)
-Consumer to Business (C2B)
-Consumer/Citizen to Administrator/Government (C2A)
-Business to Consumer (B2C)
-Business to Business (B2B)
-Business to Administration/Government (B2A)
-Administration/Government to Consumer (A2C)
-Administration/Government to Business (A2B)
-Administration/Government to Administration/Government (A2A)
No comments:
Post a Comment